Personal seling
Pengertian personal selling menurut Kotler yang diterjemahkan oleh Hendra Teguh dan Ronny A Rusly Personal selling adalah sebuah penawaran yang diakukan secara lisan untuk melakukan penawaran kepada calon konsumen supaya dapat menciptakan suatu hubungan baik dan menciptakan suatu penjualan antara kedua ...11 Nov 2021
Retail selling adalah metode penjualan yang dilakukan tenaga penjual dengan melayani langsung konsumen yang datang ke kantor atau perusahaan.
3. Executive Selling
Executive selling merupakan teknik penjualan yang dilakukan secara langsung oleh pimpinan perusahaan dengan pimpinan perusahaan lainnya untuk melakukan kerja sama atau transaksi.
Contoh Personal Selling
Untuk pemahaman lebih lanjut, berikut contoh dalam personal selling :
1. Sales Promotion Boy/Girl (SPB/
1.prospecting
Langkah pertama agar proses penjualan personal (personal selling) berjalan efektif adalah melakukan prospecting atau pencarian calon konsumen. Prospecting berarti upaya sales untuk mengidentifikasi dan mengumpulkan calon konsumen sebanyak-banyaknya.
Agar tahapan pencarian konsumen ini sesuai dengan kebutuhan perusahaan, sales dapat mencarinya berdasarkan jenis barang yang ditawarkan, kebutuhan konsumennya, dan tingkat pendapatannya.
Jika perusahaan menjual produk mahal, maka carilah konsumen dengan tingkat pendapatan tinggi, memiliki kebiasaan berbelanja tinggi,
Preapproach
Ini adalah tahapan sebelum sales bertemu dengan calon konsumen. Pada tahapan ini, sales perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin terlebih dahulu. Serta, mempelajari kembali cara terbaik dalam menawarkan, menangani, dan menanggapi setiap permintaan dan pertanyaan konsumen.
3. Approach
Setelah persiapan pada tahap preapproach, sales mengunjungi calon konsumen secara langsung pada tahap approach. Di tahap ini, sales memulai untuk melakukan pendekatan dengan konsumen.
Tujuan utama dari tahapan ini adalah untuk memahami kebutuhan dan keinginan konsumen, membuat konsumen merasa bebas untuk menyampaikan kebutuhannya, dan agar sales mengetahui apa bentuk penawaran yang paling cocok untuk konsumen.
4. Sales Presentation
Ini adalah tahapan di mana sales melakukan presentasi mengenai produk yang ditawarkan. Saat mempresentasikan dan mendemonstrasikan, sales dapat menceritakan tentang fitur, manfaat, kegunaan, kualitas, bagaimana produk tersebut memenuhi kebutuhan mereka, bagaimana produk tersebut berbeda dari produk pesaing, dan lainnya.
Handling Objections
Jika proses presentasi berjalan dengan baik, maka konsumen biasanya memiliki rasa ingin tahu yang lebih atau keraguan terhadap produk tersebut. Nah, di tahap inilah, sales harus mampu menjawab pertanyaan mereka dengan benar dan mendapatkan kepercayaan mereka sehingga dapat mengubahnya dari sebuah keraguan menjadi alasan untuk membeli.
Komentar
Posting Komentar